Sunday, October 27, 2013

Tazkiyatun nafs hanya dengan syariat Allah


Tazkiyatun nufus hanya dengan jalan rasulullah
Sesungguhnya tazkiyatun nufus diserahkan kepada para rasul.Karena Allah mengutus mereka hanyalah untuk ini. Allah menugaskan mereka untuk melakukan tazkiyah nufus dan menyerahkan  tugas ini kepada mereka.dalam mengajarkannya, menjelaskannya dan memberikan bimbingan kepadanya, bukan dalam mencipta dan memberi ilham.para rasul diutus untuk mengobati jiwa umat. Allah berfirman:
(( هُوَ الَّذِي بَعَثَ فِي الْأُمِّيِّينَ رَسُولاً مِّنْهُمْ يَتْلُو عَلَيْهِمْ آيَاتِهِ وَيُزَكِّيهِمْ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَإِن كَانُوا مِن قَبْلُ لَفِي ضَلَالٍ مُّبِينٍ )) (الجمعة :2)
Dia-lah yang mengutus kepada kaum yang buta huruf seorang Rasul di antara mereka, yang membacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, mensucikan mereka dan mengajarkan mereka Kitab dan Hikmah (As Sunnah). Dan sesungguhnya mereka sebelumnya benar-benar dalam kesesatan yang nyata,(QS Al Jumuah:2)
Allah berfirman:
كَمَا أَرْسَلْنَا فِيكُمْ رَسُولاً مِّنكُمْ يَتْلُو عَلَيْكُمْ آيَاتِنَا وَيُزَكِّيكُمْ وَيُعَلِّمُكُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَيُعَلِّمُكُم مَّا لَمْ تَكُونُواْ تَعْلَمُونَ
 Sebagaimana (Kami telah menyempurnakan nikmat Kami kepadamu) Kami telah mengutus kepadamu Rasul diantara kamu yang membacakan ayat-ayat Kami kepada kamu dan mensucikan kamu dan mengajarkan kepadamu Al Kitab dan Al-Hikmah, serta mengajarkan kepada kamu apa yang belum kamu ketahui.(QS Al Baqarah:151)
Mensucikan jiwa lebih sulit dari mengobati badan. Barang siapa yang membersihkan jiwanya dengan riyadhah, mujahadah dan menyepi yang tidak pernah dilakukan dan diajarkan para rasul maka dia seperti orang sakit yang mengobati dirinya dengan pendapat sendiri, padahal dia jauh dari pengetahuan ilmu kedokteran.
Para rasul adalah dokter hati, tidak ada jalan untuk mensucikan dan memperbaiki hati kecuali dengan jalannya mereka dan melalui bimbingan mereka diiringi dengan ketundukan yang murni dan berserah diri kepada Allah (Diringkas dari Madarijus Salikin)

No comments:

Post a Comment